Kamis, 12 Januari 2012

Nasi Merah dan Cara Memasaknya......


Udah pernah coba nasi merah belom?
bbeeeuuhhhhhhhhh......... mantabb kalau ditambah lauk ikan asin jambal plus sambal merah yang super hot jelotot pedesnya........ huaahhh huaahhh, jangan lupa tahu tempe plus lalapan daun kemangi atau daun pok-pokhan (yang rasanya agak mint-mint gimana gitu)

Ini nasi asalnya tuh dari beras merah, kalau soal khasiat nih beras merah liat di postingan sebelumnya. Yang pasti mempunyai kandungan vitamin B1, B6, dan B12 yang tinggi


berikut cara memasak beras merah yang baik dan benar (kalau boleh ngutip dari situs Anneahira):

1. Karena kandungan serat yang tinggi dalam beras merah menyebabkan memasak beras merah membutuhkan waktu yang lebih lama dan air yang lebih banyak dari beras biasa. Kalau masaknya hanya sebentar dan airnya kurang, biasanya kurang tanak/matang dan keras.

2. Sebaiknya cara memasak beras merah tidak menggunakan alat masak listrik atau rice cooker karena nasi dari beras merah ini akan kurang matang dan masih keras. Sebaiknya memasak beras merah ini seperti cara tradisional yaitu di tanak dulu (direbus) dan kemudian dikukus dalam dandang sampai matang.

3. Setelah beras merah dicuci bersih, rendam beras merah dengan air kira-kira setengah jam untuk membantu melunakkannya. Cara ini bisa dilakukan jika ingin nasinya lebih cepat matang, tapi jika tidak dilakukan perendaman juga tidak masalah.

4. Beras merah dimasak dengan air (ditanak). Ukuran air yang diberikan lebih banyak dari ukuran menanak nasi seperti biasanya, tapi jangan terlalu banyak ya, bisa-bisa malah lembek seperti bubur.

5. Setelah nasi yang yang ditanak tadi setengah matang, tandanya nih air yang direbus bersama beras merah tadi sudah sat/habis, kemudian dipindahkan ke kukusan atau dandang. Kalau ingin lebih cepat matang, panaskan air lebih dahulu dalam dandang, lalu masukkan tanakan beras merah tadi (dikukus).


Nah kalau mau coba eksperimen di modifikasi jadi nasi merah goreng, waahhh bisa jadi varian menu sehat yang baru dan so pasti hhmmmmmmmm sedapnye...... betul betul betul

Atau kalau di coba jadi nasi merah uduk gimana??.........wwiiiihhh raos pisan nih jadinya, legit menggigit

4 komentar:

  1. Mantap Bro...
    Thanks Infonya ya...

    BalasHapus
  2. terima kasih bray semoga membantu dan bermanfaat ya

    BalasHapus
  3. mengunjungi blog yang bagus dan penuh dengan informasi yang menarik tentang nasi merah dan cara memasaknya adalah merupakan kebahagiaan tersendiri.... teruslah berbagi informasi

    BalasHapus
  4. terima kasih semoga selalu membawa manfaat

    BalasHapus